2025 Jakarta Tenggelam

Selama 3 hari libur kerjaan gw cuma ngenet, msn-an, ngerjain pr matematika, makan, tidur, sama nonton tv. Karena udah bosen sama rutinitas yang itu-itu aja akhirnya gw memutuskan buat membaca majalah HAI yang terbit Senin, 12 Mei 2008 kemaren (sebenernya udah mau baca dari hari Senin, tapi lupa). Ada salah satu artikel yang isinya begini:

2025, Jakarta Tenggelam

SEBUAH STUDI DARI WORLD BANK MENGELUARKAN HASIL PENELITIANNYA TENTANG IBU KOTA TERCINTA, JAKARTA.ADA TAHUN 6 DESEMBER, SEBAGIAN KOTA INI AKAN TERTUTUP OLEH AIR LAUT.

Serem? Pastilah. Tapi menurut World Bank, itu pasti akan terjadi kalo tak ada usaha pencegahan yang sistematis. Kawasan-kawasan pesisir seperti Jakarta Utara dan Tangerang bagian utara udah pasti jadi kawasan terjangan air laut.

Tapi walaupun nggak semuanya terendam, 12 juta warga Jakarta ikutan terancam. Karena ini menyangkut kualitas air tanah di kawasan pedalaman.

Para ahli malah udah memperkirakan tanggal terjadinya peristiwa itu. Perhitungan ini didasarkan oleh siklus astronomi 18,6 tahun yang mengakibatkan air laut naik dan menenggelamkan kawasan yang bertanah rendah di Indonesia.

Perubahan iklim emang yang jadi pemicu naiknya air laut. Tapi penyebab Jakarta tenggelam justru nggak melulu karena itu. Tapi lebihi karena permukaan tanah di Jakarta ikutan turun gara-gara pembangunan yang tak terkontrol.

” Malah penyebab utamanya adalah soal permukaan Jakarta yang kian menurun,” ujar Jaan Brinkman, insinyur asal Belanda yang bekerja dalam penelitian ini.

Dia bisa bilang begitu, karena menurut hasil penelitiannya air laut hanya naik sekitar 5 cm karena perubahan iklim. Harusnya sih nggak begitu mengkhawatirkan. Tapi hasil penelitian itu juga menunjukkan kalo permukaan tanah di Jakarta juga turun sekitar 40 cm sampai 60 cm. Jreeeeng!

Di tahun 2025 nanti, air laut akan luber sampai 5 km ke arah pedalaman. Artinya, Monas dan Istana Negara bisa kena dampaknya tuh! Dan Dufan di Ancol udah pasti cuma jadi “wisata bawah laut” aja.

Tinggal kesadaran warganya aja nih sekarang. Mau ngeliat Jakarta under water apa nggak? (yogi)

dikutip dari Majalah Hai No. 19/12-18 Mei 2008 th XXXII

Walaupun gw tinggal di daerah Bekasi yang notabennya jauh dari Jakarta Utara, tapi tetep aja gw ngerasa prihatin ngebaca berita ini. Udah akhir-akhir ini banyak kita denger berita tentang Global Warming sekarang muncul lagi masalah Turunnya Permukaan Tanah. Padahal masalah Global Warming aja belom selesai ditanganin. Penebangan liar masih ada dimana-mana, polusi udara masih banyak di jalan raya.

Ayo dong sayangi bumi kita dari sekarang. KALO BUKAN KITA SIAPA LAGI?

Advertisements

2 thoughts on “2025 Jakarta Tenggelam

  1. Rea says:

    cie, sok peduli lingkungan gitu.. *piiiiss*

    bikin kota terapung aja.. Kayak Venice, Italy. Bisa jadi destinasi pariwisata juga kan tuh? Tapi siapa yang mau dateng yah kalo airnya warna coklat?

    makanya dan, lo jangan suka boker di kali.. Oh iya, sering2 ke ancol! mumpung belom tenggelem. Tapi jangan lupa pake kolor.. ok ok?

    *rea: gw emang peduli lingkungan tau!

    iia klo airnya jernih sih gapapa. nah klo airnya kotor pas lagi wisata ada yang ngambang2 gimana? menjijikan sekali pastinya…

    rea.. rea.. jangan suka mangalihkan pembicaraan ke orang lain. gw tau kok kalo sbenernya lo yang suka boker di kali.haghaghag

    ia kyaknya gw harus sering2 jogging ke ancol. mumpung blom tenggelam. pastinya gw pke bju lengkap lah. emangnya elo.haghaghag 😀

  2. fisHy says:

    hha, kayaknya seru juga tuh kalo kita punya taman wisata bawah laut.
    gak perlu buang-buang uang untuk membangun hotel bawah air seperti negara Dubai,

    *visi: iia seru banget kalo kita punya taman wisata bawah laut. tapi kalo airnya kotor kan mana ada orang yang mau dateng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s